Senin, 05 Januari 2015

5


  Contoh Pembukaan Teks Pidato yang Menarik Agar Pidatomu Tidak Membosankan

Pembukaan Pidato – Hallo sahabatnesia, pernah kalian menyampaikan sebuah pidato di depan orang banyak ? Mungkin bagi orang yang belum terbiasa berbicara di depan orang banyak akan gugup dan gemetaran.

Hayooo ngaku aja deh hehe. Nah dalam artikel ini kita akan coba mengulas kembali mengenai pidato. Enggak ada salahnya kan flashback ke zaman sekolah dulu.

Kita akan mulai menjelaskan dari pengertian pidato, metode pidato, jenis pidato, dan tujuan pidato. Namun pada intinya, kita akan lebih menjelaskan mengenai pembukaan pada pidato. Berikut ini adalah ulasannya :

Isi Artikel

   1 Pengertian Pidato

   2 Jenis Jenis Pidato

   3 Contoh Pembukaan Teks Pidato yang Baik dan Benar

   4 Contoh Teks Pembukaan Pidato Perkenalan Diri

   5 Contoh Pembukaan Teks Pidato Lucu dan Menarik

   6 Contoh Pembukaan Teks Pidato Ilustrasi

   7 Contoh Pembukaan Teks Pidato Berdasarkan Sejarah

   8 Contoh Pembukaan Teks Pidato Bahasa Inggris

   9 Contoh Mukadimah Pidato Bahasa Arab

   10 Bagikan ini:

   11 Terkait

      Pengertian Pidato

Pembukaan Pidato

Pidato adalah suatu ucapan yang harus memperhatikan susunan kata yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Dalam KBBI, pidato dapat definisikan sebagai pengungkapan pikiran dalam bentuk kata yang ditujukan kepada orang banyak atau wacana yang sengaja disiapkan untuk dibacakan di depan khalayak.

Pidato yang baik dan benar akan terlihat pada reaksi orang yang mendengar pidato tersebut. Karena tujuan pidato memang untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti apa yang kita perintahkan.

      Jenis Jenis Pidato

Contoh Pembukaan Pidato

Ada beberapa jenis pidato jika ditinjau berdasarkan dari sifat isi pidato, yakni :

 1. Pidato pembukaan

 2. Pidato pengarahan

 3. Pidato sambutan

 4. Pidato peresmian

 5. Pidato laporan

 6. Pidato pertanggungjawaban

      Contoh Pembukaan Teks Pidato yang Baik dan Benar

Bagian salam pembuka dan doa.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt, atas limpahan rahmat dan nikmatnya kita semua masih bisa berkumpul di tempat ini tanpa adanya halangan sedikitpun dan dalam keadaan sehat

walafiat. Tidak lupa sholawat serta salam tetap kita curah limpahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju ke zaman yang terang benderang saat ini,

yakni agama Islam. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya pada yaumil akhir kelak aamiin.

(Bagian Isi)

……………………………

      Contoh Teks Pembukaan Pidato Perkenalan Diri

Bagian salam pembuka dan doa.

Wahai para pemuda

Bagaimana kabar kalian ? Saya yakin kalian semua dalam keadaan sehat walafiat. Sebelumnya apakah kalian sudah mengenal saya ? Ada pepatah yang mengatakan kalau tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu, saya akan pernkenalkan diri saya terlebih dahulu. Nama saya adalah Muhammad Lutfi Aji Arya Putra, saya biasa di panggil Arya. Saya lahir pada tanggal 28 Februari 2997 di Balikpapan. Kesibukan yang saya kerjakan sekarang ini adalah berbisnis. Apakah kalian ingin menjadi pengusaha

seperti saya ?

Kalau begitu, dalam kesempatan ini akan saya ceritakan beberapa pengalaman pahit saya dalam membangun bisnis. Harapannya semoga kalian nanti dapat termotivasi ketika akan menggeluti bidang ini.

(Bagian Isi)

……………………………

      Contoh Pembukaan Teks Pidato Lucu dan Menarik

Bagian salam pembuka dan doa

Pernahkah kita menyadari mengapa setiap pengusaha mempunyai tubuh yang lebih subur jika di bandingkan dengan para pegawai. Hal ini masih menjadi misteri bagi saya, mengapa hal tersebut bisa terjadi. Namun setelah saya cari tahu dan bertanya kepada teman-teman pengusaha saya, ternyata hal tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah karena setiap pengusaha kerjanya hanya tidur. Mereka tidak perlu bekerja karena uanglah yang bekerja untuk mereka. Sedangkan para pegawai ? harus

bekerja pagi, siang, sore, malam sehingga menguras waktu dan tenaga mereka. Akibatnya mereka menjadi kurus, ironis bukan ?

Oleh karena itu, melalui pidato singkat ini saya akan menyampaikan betapa pentingnya menumbuhkan jiwa entrepreneur di dalam diri kita ini.

Agar nantinya kita bisa menjadi orang yang sukses dan mempunyai perut yang subur juga tentunya. Hehe

(Bagian Isi)

……………………………

      Contoh Pembukaan Teks Pidato Ilustrasi

Bagian salam pembuka dan doa

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya berbicara panjang lebar, lihatlah apa yang telah terjadi di sekitar kita pada saat ini. Sampah berserakan dimana-mana. Bukankah hal ini yang dapat mengganggu pemandangan, bahkan kita semua tahu bahwa sampah merupakan sumber bencana bagi kita. Sampah bisa menimbulkan penyakit melalui udara yang kita hirup. Bisakah kita membayangkan jika setiap hari kita menghirup udara yang kotor yang dihasilkan oleh sampah? Tentunya hal ini sangat membahayakan untuk kita semua.

Oleh karena itu, melalui pidato singkat ini saya akan mengingatkan kepada kalian semua betapa pentingnya menjaga lingkungan tempat tinggal kita agar selalu bersih. Semoga yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

(Bagian Isi)

……………………………

      Contoh Pembukaan Teks Pidato Berdasarkan Sejarah

Bagian salam pembuka dan doa

Hadirin sekalian,

Tepat hari ini, yakni tanggal 10 November. Para pendahulu kita telah berjuang dan mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk mengusir para penjajah dari tanah kita ini, Indonesia. Mereka dengan gagah berani

melawan pasukan sekutu yang terus membombardir Surabaya dari darat, laut, dan udara. Namun tekad mereka tidak pernah giyah, mereka tetap berani memperjuangkan harga diri bangsa ini. Meskipun mereka kalah jumlah, kalah persenjataan, namun mereka tetap bersatu demi mewujudkan satu cita yanki merdekanya Negara Indonesia.

Oleh karena itu, pada tanggal 10 November ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato singkat dalam rangka untuk memperingati Hari Pahlawan agar kita bisa meneladani semangat perjuangan mereka untuk mengisi

kemerdekaan yang telah diwariskan kepada kita saat ini.

(Bagian Isi)

……………………………

      Contoh Pembukaan Teks Pidato Bahasa Inggris

Good morning everyone.

First of all, Let us say thanks to Allah SWT, which has given guidance and blessing to us, therefore we can gather here to celebrate …………… ,

without hindrance of any. Our Sholawat and greeting are always delivered on our Great Prophet Muhammad SAW, which has brought us from darkness to brighter.

      Contoh Mukadimah Pidato Bahasa Arab

Mukadimah merupakan bagian pengantar atau pendahuluan dalam sebuah pidato. Istilah mukadimah ini digunakan untuk menyebut bagian kata pengantar atau pendahuluan pada sebuah tulisan seperti makalah, buku,

dan sebagainya.

Meskipun hanya sebagai kata pengantar, namun mukadimah ini memiliki peran yang sangat penting untuk menarik minat pendengar untuk mendengarkan kelanjutan sebuah pidato yang disampaikan. Mukadimah sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar orang yang mendengarkannya tertarik untuk memperhatikan kelanjutan isi pidatonya.

Sebuah mukadimah juga tidak boleh panjang dan bertele-tele sehingga isi pidato tidak tersampaikan dengan baik. Mukadimah sebaiknya singkat, padat, dan jelas. Kemudian disambung dengan pokok pidato yang akan

disampaikan.

Berikut ini contoh mukadimah pidato dalam Bahasa Arab :

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا

وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ

وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛

Mukadimah Pidato

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian pidato, jenis jenis pidato dan contoh pembukaan pidato. Semoga dapat bermanfaat untuk kamu yang ingin berpidato di depan orang banyak.

   Pembukaan Pidato

   Mukadimah Pidato

   Contoh Pembukaan Pidato

   Contoh Mukadimah Pidato

Pembukaan Pidato

Tidak ada komentar:

Posting Komentar